KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (68) CATATAN HARIAN (47) BERITA MEDIA (45) GoBlog (11) PUISI (11) CERPEN (8)

24 July 2014

Prediksi Putra Aceh Calon Menteri Kabinet Jokowi-JK

Kabinet Jokowi-Jusuf Kalla masa yang akan datang akan diisi oleh wajah-wajah baru. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menetapkan pasangan Ir. H. Joko Widodo-Drs. Jusuf Kalla sebagai Presiden RI ke-7 pada 22 Juli 2014 lalu sebagai pemenang pilpres 2014
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sendiri akan dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada 20 Oktober 2014 akan datang. Sumber yang saya dapatkan dari berbagi media terpercaya, nama nama putra terbaik dari Aceh akan menempati posisi Menteri di kabinet Jokowi-JK untuk periode 2014-2019. Tentu menarik memprediksikan siapa saja bakal calon mentri dikabinet Jokwoi_JK nantinya.




Beberapa lembaga sudah mulai merilis nama nama usulan mentri era kabinet Jokowi-JK. Dari keseluruhan usulan menteri itu beberapa diantaranya ada nama putra Aceh yang masih kabinet. Seperti prediksi Indo Barometer, terdapat beberapa nama calon Menteri yang berasal dari Aceh. Misalnya posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) terdapat nama Prof Bachtiar Ali, Caleg DPR RI terpilih dapil Aceh 1 berpeluang besar diangkat oleh Jokowi-JK. Ia berasal dari Partai NasDem, partai pengusung Jokowi-JK. Tentu ini sangat menguatkan posisinya.

Bachtiar Ali, Guru Besar Universitas Indonesia dan mantan Duta Besar Mesir ini harus bersaing ketat dengan Ferry Mursyidan Baldan yang juga berdarah Aceh dan berasal dari Partai NasDem. Nama Ferry diusulkan oleh jokowicenter.com melalui masukan dari facebook, ia pernah menjabat sebagai Ketua Pansus Undang Undang Pemerintah Aceh (UUPA) tahun 2006.Ferri saat ini termasuk tim pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla, diusulkan sebagai Menkominfo juga.

Baik Backhtiar, Ferri Musyidan harus bersaing dengan Nezar Patria untuk pos usulan Menkominfo juga. Nezar Patria, sosok muda yang akan menempati pos Menkominfo berasal dari latar belakang aktivis-jurnalis. Adalah Nezar Patria, Aktivis 98 kelahiran Sigli masuk dalam list nama usulan via situs jokowicenter.com. Nezar saat ini ia menjabat sebagai anggota dewan pers. Nezar mantan wartawan Tempo, mantan Redaktur Pelaksana situs berita viva.co.id, dan Mantan Ketua Aliansi Jurnalis Inddependen (AJI) Pusat adalah Putra dari Sjamsul Kahar, Pimpinan Umum Harian Serambi Indonesia. Ia pernah diculik pada awal reformasi, Maret 1998 karena melawan orde baru dibawah kendali Suharto.

Selanjutnya untuk Calon Menteri Dalam Negeri, ada DR Rizal Sukma, putra terbaik aceh ini berasal dari Lhoksukon Aceh Utara. Saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS). Dr. Rizal Sukma, pernah menjadi intelektual Indonesia masuk daftar 100 pemikir global versi majalah Foreign Policy, ASA. Nama Rizal Sukma dari usulan Indo Barometer menempati posisi Mendagri, sedangkan usulan jokowicenter, Rizal sebagai calon Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang bersaing dengan Rieke Diah Pitaloka, Politisi PDI-P.

Posisi menteri memang hak preogratif presiden. Tentu ini masih jadi wacana yang diusulkan oleh rakyat via Kabinet Alternatif Usulan Rakyat(KAUR) yang diposting di lama jokowicenter.com

Menarik memang memprediksi siapa saja calon mentri yang akan menempati kabinet Jokowi-JK ini. Saya berharap nama mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf diprediksi bakal jadi Menteri Perumahan Rakyat atau Menteri Lingkungan Hidup. Pilprel lalu, Irwandi Yusuf juga termasuk timses Jokowi-JK. Atau bukan tidak mungkin, Irwandi Yusuf diangkat sebagai Menteri Kehutanan.

Putra Aceh yang lain saat ini belum ada informasi muncul ke publik siapa yang punya peluang dan diisukan menjadi calon menteri nantinya. Sebagai Aceh saya berharap, nantinya ada perwakilan Aceh yang diangkat sebagia Menteri dalam kabinet Jokowi-JK.[]

No comments:

Post a Comment