KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (68) CATATAN HARIAN (47) BERITA MEDIA (45) GoBlog (11) PUISI (11) CERPEN (8)

14 July 2014

Si Cantik Camila Vallejo, Aktivis Komunis dari Chile

KitabMaop - Camela Vallejo, gadis cantik yang namanya sempat heboh dalam gerakan mahasiswa di Chile dan dimuat di media berkelas diseluruh dunia. Camila jadi pembicaraan publik dunia, karena dia seorang pemimpin gerakan cukup berpengaruh dalam aksi melawan Pemerintah Chili yang dipimpin oleh PresidenSebastian Pinera yang konservatif.

Darah aktivis turun dari kedua orang tuanya. kedua orang tuanya merupakan anggota Partai Komunis Chili, orangtuanya juga melakukan perlawanan terhadat pemerintah setempat melalui perunjukan teater.

Perlawannya terhadap pemerintah membuat publik mengenalnya sebagai sosok tokoh perlawan baru. Menariknya lagi, dia seorang mahasiswi. Ia bukan seorang artis dan bintang model dunia yang terkenal karena jadi selebriti. Camila Vallejo adalah Pimpinan Presiden Ikatan Mahasiswa Universitas de Chile, sebuah universitas paling berpengaruh di Amirika Latin. Selama bertahun tahun para pemuda di Chile telah jadi korban dari sistem neoliberal.





reuters | net

Saat memimpin aksi demo yang menghebohkan pada tahun 2011 di Jalanan Chili, umurnya masih 23 tahun. Camila lahir 28 April 1988 ini pemimpin gerakan mahasiswa menentang kebijakan pemerintah. Ia bukan seperti gadis seumuran dengannya yang memilih hidup hedonis dengan segala kemewahan harta orang tua, dia gadis pemberani, muda dan berbahaya.


fatma-susanti.blogspot.com

Camila Vallejo memimpin ratusan ribu mahasiswa dan rakyat menuntut penurunan biaya pendidikan dan reformasi total sistem pendidikan di Chili. Ia lantang membela orang orang miskin yang ingin mendapatkan fasilitas pendidikan sebagaimana orang kaya. Ia melawan sistem pendidikan yang dikuasai oleh sektor swasta, dimana sistem ini diwarisi dari era Pinochet.


fatma-susanti.blogspot.com

Memiliki wajah cantik, kulit putih dan mata biru, hidungnya bertindik. Media media internasional menyebutkan gerakan aksi besar besaran yang dilakukannya merupakan yang paling besar selama 20 tahun terakhir. Camila Vallejo kerap mendapat ancaman pembunuhan, hal itu tidak mengurungkan niatnya untuk terus berjuang dijalanan. Ia dijuliki sebagai Che Guevara Wanita dan Komandan Camila []

No comments:

Post a Comment