KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (69) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

17 July 2014

Ini Gubernur Termuda di Indonesia


KitabMaop - Sebelum terpilih sebagai Gubernur, saya telah menjadi salah satu follower dari sosok pria yang tamat SMA pada tahun 1998 ini. Awalnya saya tak yakin bahwa dia salah seorang calon gubernur. Saya melihat cuitan tentang kegiatannya selama masa kampanye.

Sebab penasaran, saya akhirnya mencari tau siapa sosok pemuda ini. Umurnya lebih tua dua tahun dari saya. Wajahnya putih, tampan tentu saja. Satu segi ada kecemburuan saya melihatnya. Sosok pemuda ini sudah jadi Gubernur diumur yang masih sangat muda.

Dialah M. Ridho Ficardo, M.Si Gubernur Provinsi Lampung periode 2014-2019.  Ridho, semasa kecil waktunya dihabiskan dikawasan perkebunan tebu Gunung Madu. Setelah tamat SMA tahun 1998, Ridho kuliah di Universitas Padjadjaran di Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan. Ia tamat tahun 2003. Tamat dari situ, dia langsung mengambil S2 di Universitas Indonesia, ia ambil konsentrasi pada bidang studi Intelejen. Lalu ia melanjutkan ke S3 bidang kajian politik di UI, kini sedang mengerjakan disertasi di tengah kesibukannya sebagai Gubernur Lampung.
@MRF_fans
Semasa kuliah, Ridho sangat aktif di pramuka, dari sini dia mengenal dan dekat dengan para perwira menengah TNI. Ia tamat sekolah di Lemhannas termuda pada umur 28 tahun. Saya membaca profil Ridho itu di website pribadinya www.ridhoficardo.com.

Gubernur Lampung ke-12 M. Ridho Ficardo  lahir pada 20 Juli 1980. Beberapa hari lagi umurnya mencapat 34 tahun.  ia dilantik oleh Mendagri pada 2 Juni 2014 -saat umurnya 33 tahun 10 bulan- dalam sidang Paripurna DPRD Provinsi Lampung di Bandar Lampung. Ridho terpilih sebagai Gubernur Lampung bersama Backhtiar Basri sebagai Wakil Gubernur yang jauh tua dari Ridho.

Ridho-Bachtiar diusung oleh Partai Demokrat. Menariknya saya melihat, Ridho masuk Partai Demokrat pada tahun 2010, saat itu DPP Demokrat masih dijabat oleh Anas Urbaningrum yang kita telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Ridho memecahkan rekor Gubernur Termuda Se-Indonesia sebelumnya yang dijabat oleh M. Zainul Majdi, Gubernur Nusa Tenggara Barat yang menjabat sejak tahun 2008, saat itu Zainul berusia 36 tahun. 

"Saat ini memang bukan saatnya bicara tua atau muda. Saya hanya ingin membuktikan anak muda selalu berpikir progresif sehingga akan ada perubahan besar di masyarakat,'' sebut Ridho via situs resminya. Ayo Pak Gubernur, buktikan bahwa kaum muda bisa jadi pemimpin perubahan di republik ini. 

Kami yang muda menunggu bukti pengabdian anda bagi masyarakat Lampung, Pak. Selamat berjuang. Jangang korup dan jangan hedonis! []

2 comments:

  1. Hebat, masih muda sudah menjadi pemimpin. Semoga menjadi pemimpin yang amanah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga menginspirasi kita semua yang masih muda muda ini. terimakasih telah berkunjung ya :)

      Delete