KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (69) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

20 May 2016

Mau Berkunjung Ke Rumah Calon Mertua, 5 Hal Ini Patut Kamu Ketahui

via i.ytimg.com

Berkunjung pertama sekali ke rumah calon mertua adalah hal yang paling menegangkan nan berkesan bagi Anda yang ingin berumah tangga bersama sang kekasih. Tak perlu ketakutan saat diundang ke rumah calon darabaroe.

Beberapa hari sebelumnya, teman saya baru saja hadir atas diundang ke rumah calon mertuanya. Saya ingin berbagi pengalaman itu kepada Anda sekalian, bisa dipercaya bisa tidak. Si Teman mengajak saya bertemu pada sebuah warung kopi, saya menawarkan warkop yang tersedia akses waifi. Sebab mau mengirim surat melalui internet yang ukuran agak besar. Siapa teman itu, ini jadi rahasia. Hehe.

Berikut ini beberapa yang saya ingat sewaktu berdiskusi dengannya, bukan pengalaman pribadi dan belum pernah juga ke rumah calon mertua. Haha. Tetapi saya hanya menuliskan beberapa hal yang menurut saya pantas dan layak diperhatikan untuk kaum pria lajang yang akan berkunjung ke rumah calon mertua, 5 hal yang patut kamu ketahui, diantaranya:

1. Berpakaian Sopan dan Rapi
Jika hari biasanya kamu suka memakai baju yang menurut orang lain dianggap kurang sopan, bergaya preman dan sejenisnya. Sebaiknya pikirkan tentang celana dan pakaian sopan dan rapi. Potong rambut yang rapi. Pakai baju kemeja, jangan pakai kaos oblong. Celana jeans boleh saja dipakai, asal bukan celana jeans yang sobek.

Pakai sepatu yang sederhana saja, jangan terlalu mencolok. Usahakan tidak banyak memakai aksesoris gelang dan cincin yang berlebihan. Jam tangan bisa digunakan, tapi saat berbicara nantiya, jangan sering kali melihat ke jam tangan. Nanti kamu dikira tidak betah bertamu. Jangan gunakan minyak wangi yang terlalu mencolok.

2. Datanglah Tepat Waktu
Datang tepat waktu yang telah disepakati adalah pilihan yang tepat. Jangan sampai momen pertama kali ini kamu datang terlambat dan calon mertua harus menunggu berjam-jam. Bawa kenderaan yang biasa kamu gunakan, jangan sampai harus rental mobil segala demi terkesan tampak seorang pemuda kaya dan mewah. Kamu harus ketahui, sang calon istri tentunya sudah menceritakan sekilas tentang pribadi dan kehidupanmu sama orang tuanya.

3. Bawa Bingkisan Tangan?

Ini mungkin perlu kamu pertimbangkan baik-baik apa oleh-oleh yang akan kamu bawa. Lebih baik bertanya pada sang kekasihmu tentang makanan yang disukai oleh calon mertua. Kue atau buah-buahan bisa jadi pilihan, tidak perlu yang bermewah-mewah sekali.

Saat memasuki halaman rumahnya, jika membawa motor jangan pakai knalpot yang bising. Jalan dengan gagah. Tak perlu melihat ke semua arah dan halaman rumah. Ketuk pintu rumahnya sambil ucapkan salam. Saat pertama bertemu, waktu bersalaman, membungkuk sebagai tanda kamu orang yang menghormati orang tua. Sampaikan salam dari pihak keluargamu, katakan tadi sempat meminta izin sebelum kamu ke rumah sang calon mertua.

Jangan masuk dulu sebelum dipersilakan. Duduk dengan tegap, jangan selonjoran dan menaikkan kaki. Jika perokok, jangan merokok saat bertamu. Jangan pegang telepon seluler. Mata jangan melengak lengok ke seluruh ruangan. Saat dibawa minuman, tunggu sampai dipersilakan meminumnya. Jika diajak makan siang/malam, usahakan menolak dengan halus jangan membuatnya tersinggung. Jikapun terpaksa, jangan menyudahi makan sebelum sang calon mertua menyelesaikan makanannya.

4. Berbicara Jujur dan Mendengarkan Pembicaraan.
Saat diajak berbicara. Ikuti saja arah pembicaraan dan lebih banyak mendengarkan dengan seksama. Berprilaku sopan sebagai seorang tamu. Perasaan malu tentu dibolehkan, asal jangan malu-maluin. Katakan dengan jujur tentang kehidupanmu dan keadaan keluargamu. Lebih banyak mendengarkan. Jangan sampai berdebat pada satu topik sampai ngotot kamu harus menang.
Jika ada pembicaraan mengenai waktu tunangan dan nikah, jawablah kamu akan membicarakan dengan pihak keluargamu lebih dulu. Perbanyak senyum dan duduk tegap, sebagai bagian kamu bisa menyakinkan sang camer sebagai pria yang bertanggung jawab atas masa depan anaknya kelak. Jangan sampai selonjoran dan tidur dikursi ruangan tamu.

5. Jangan Bertamu Terlalu Lama, Pamit Pulang
Waktu dua jam adalah sudah sangat maksimal bertamu. Sebelum pulang, ada baiknya kamu juga perlu tahu bagaimana kondisi dapur dan isi kamar mandi sang rumah calon mertua. Ini penting menurut saya. Bagaimana caranya?

Minta permisi sementara waktu untuk ke kamar mandi. Karakter seseorang bisa dinilai dari isi keadaan kamar mandinya, biasanya berdekatan dengan dapur, kamu bisa melihat suasana dapur sang calon mertua, ini akan lebih baik lagi.

Saat permisi pulang, minta maaf jika ada pembicaraan yang kurang berkenan dihatinya. Sampaikan salam dari kedua orang tuamu dan ucapkan terimakasih atas perjamuan. Katakan juga bahwa kamu senang diundang dan jadi tamu spesial pada hari itu.

Demikian beberapa tips dan saran bagi kamu yang segera dan akan bertamu ke rumah calon mertua untuk pertama kalinya. Sekali lagi, ini hanya tips dan saran, bisa ada banyak saran lainnya yang mesti kamu ketahui dari teman yang sudah berpengalaman. Soalnya saya hanya menuliskan hal-hal mendasar saja yang saya dapat inspirasi dari berbagai sumber lisan dan tulisan. Belum pengalaman sih. Selamat berjuang, kawan [ sumber: acehfame.com / 17 Mei 2016]

4 comments:

  1. Hahahahaa
    Gaya tulisnya macam dah pengalaman gagal 10 x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ini ditulisa pasca kita ikut workshop menulis konten viral sama mbak ollie bro :)

      Delete
  2. Ajak bapak mertua tanding catur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide bagus bagi yang jago main catur, atau ajak main ludo :)

      Delete