KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (69) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

02 August 2014

Kiat Sukses Jadi Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru adalah hal yang paling menyenangkan bagi mantan siswa SMA pasca mereka diterima disebuah perguruan tinggi. Sewaktu SMA, kamu tentu pernah berpikir bahwa masa kuliah itu akan sangat menyenangkan. Keren aja gitu masuk kuliah karena bisa bebas dan merdeka dengan menjadi mahasiswa. Jadi mandiri, bebas lakukan apa saja. Kamu bebas memakai baju suka suka, pakai sendal jepit ke kampus, bisa gondrong dan bisa main cewek sesuka hatimu. Gitu kan berpikirnya?

via tamansyurga4790 . blogspot.com
Saya juga pernah mengalami pikiran yang demikian. Kuliah memang menyenangkan, tapi susah dijalaninnya. Percayalah, ngak semua yang kamu duga sewaktu jadi siswa akan enak ketika jadi mahasiswa. Dunia kampus akan sangat jauh berbeda dengan dunia sekolah. Jadi mahasiswa itu berarti kalian harus siap mandiri, harus siap menentukan pilihan rencana studi matakuliah, berbagi waktu antara belajar -berorganisasi jika ada- dan waktu bermain. Waktu semester pertama memang agak mudah karena jadwal mata kuliah masih sama dengan temang satu jurusan. Selanjutnya ketika semester II, kalian akan menentukan nasib jadwal kuliah masing masing.

Sewaktu saya ikut Silaturahmi Keakraban Aneuk Teknik (SIKAT, ospeknya di Fakultas Teknik Unsyiah) saya paling ingat pada kalimat motivasi kurang ajar dari senior: "kuliah itu ngak perlu pinter, tapi pinter-pinter klean, dek!" "Klean harus kompak, dek. Masuk sama-sama, keluar juga sama-sama" demikian kalian yang terus wara-wiri di telinga kami selama ikut ospek 3 hari full di kampus. Lalu benarkah demikian? Hahaha. saya masuk kuliah tahun 2002 dan alhamdulillah keluar dengan hormat (wisuda) pada Mei 2010. Lebih kurang 8 tahun. Istilah dosen kami: "Masuk Teknik itu susah, keluarnya lebih susah lagi" Kecuali keluar dengan tidak hormat alias Drop Out (DO) atau tidak lagi melanjutkan.

Berikut ini beberapa pengalaman -yaelah- saya yang akan jadi bahan rujukan kalian dalam menempuh status sebagai mahasiswa baru (maba). Sebagai anak kece yang masih culun-culun dan masih hormat sama Abang leting kalian yang sok jago di kampus sewaktu ospek.

Cari Teman Dekat dan Setia
Ini hal yang cukup penting untuk mendukung kuliah kamu. Carikan barang 2-3 orang yang cocok dan memahami karakter kamu. Saling tolong menolong. Saling memberi manfaat. Jangan sombong dan harus saling menghargai. Jika kamu punya uang lebih, tidak ada salahnya membantu teman teman kost yang sedang kelaparan. Ngak semua mahasiswa itu orang tuanya berkecukupan.

Fokus Belajar
Benar bahwa kuliah ngak perlu pinter, tapi pinter-pinter kita dalam memenej waktu belajar. Belajar bisa dari mana saja, apalagi sekarang ini era teknologi komunikasi cukup mudah dan cepat. Jika ada tugas dari dosen, kerjakan tanpa menunggu waktu deadline. Jangan menyontek, kalaupun harus terpaksa, usahakan tidak sama persis dengan punya teman. Hahaha. Konsentrasi penuh ketika dosen sedang menjelaskan didepan kelas. Jangan menggunakan henphone yang terlalu mencolok. Usahakan duduk di bangku paling depan, agar wajah kamu tidak asing bagi dosen. Sering bertanya, pura pura aja kamu ngak ngerti. Ya cari perhatian lah sama dosen. Hahaha


Sewaktu saya jadi mahasiswa dulu, leting kami ada basecame leting. Ukuran jadi mahasiswa Teknik sangat terasa kekompakannya, apalagi diawal-awal semester. Nah di basecamp ini kami semua berkumpul, membahas apa saja. Ada kawan kami yang jago kalkulus misalnya, dia akan kerjakan semua soal yang diberikan oleh dosen. Nah yang lain membantu, ada juga yang malas belajar, jadinya menyontek full. Ini sangat berbahaya. Mending kolaborasi dikit. Bikinlah tugas yang berbeda dari teman teman, yang penting kamu sudah berusaha untuk melakukan. Dosen akan melihat ini sebuah jawab yang berbeda, soal salah benar, itu lain perkara, namanya juga masih belajar.

Informasi Pengumunan
Ini jauh lebih penting lagi bagi mahasiswa baru. Informasi pengumuman kampus sangat penting sebagia penunjang kegiatan akademik kamu. Info beasiswa misalnya, itu sangat cepat dirobek oleh tangan tangan jahil, supaya tidak diketahui oleh mahasiswa lainnya. Jangan cuma jadi mahasiswa yang setelah selesai kuliah, buru buru pulang ke rumah/kost. Cari info dipapan pengumuman kampus. Bagusnya kamu bikin jadwal dan tugas yang harus kamu kerjakan, ya semacam papan kecil dikamar kost untuk memudahkan kamu dalam mengingat jadwal tugas, dan jadwal akademik lainnya.

Berorganisasi
Tips lainnya ketika kamu jadi mahasiswa adalah berorganisasi. Jadilah mahasiswa bukan tukang kuliah. Aktif diorganisasi juga penting tanpa mengabaikan jadwal kuliah dan belajar. Inilah masa-masa kamu perhatian sama lingkungan sekitar. Ingat kan, tridarma perguruan tinggi. Jangan cuma jadi mahasiswa yang kutu buku, tapi pimpin rapat kecil saja kamu ngak bisa. Organisasi juga bikin kamu punya waktu selain kuliah untuk belajar bagaimana memahami kehidupan sosial. Ketika kamu kerja besok, tidak ditanya berapa IPK kamu, tapi kamu bisa ngak menjelaskan bagaimana memimpin dan dipimpin. Yang penting, atur waktu organisasi dengan kuliah, pentingkan kuliah daripada organisasi. Disini juga kamu bisa mencari teman teman baru lagi.

Demikian kiat sukses jadi mahasisa baru. Beberapa kiat lainnya mungkin juga ada rujukan yang lain. Tanyakan sama abang leting dikampung tentang karakter jurusan dan dosen pengajar. Bagi cewek, apalagi yang cantik, hati hati saja dengan modus dari abang leting kalian()

No comments:

Post a Comment