KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (68) CATATAN HARIAN (47) BERITA MEDIA (45) GoBlog (11) PUISI (11) CERPEN (8)

07 July 2014

Sejarah Sirup Cap Patung di Aceh








KitabMaop - Memasuki bulan puasa di Aceh rasanya tidak lengkap tanpa sirup cap patung di rumah. Bagi masyarakat Aceh, sirup cap patung sudah menjadi menu wajib ketika memasuki bulan ramadan dan hari lebaran.

Sirup Kurnia Cap Patung Liberty, di Aceh lebih dikenal dengan sebutan sirup cap patung. Nama ini cukup melagenda bagi masyarakat Aceh. Merek lain di Aceh juga yang paling terkenal sirup cap mawar, warnanya tetap juga merah, tetapi soal rasa dan harga jauh berbeda. Sirup Cap Mawar diproduksi di Bireuen, tepatnya di kawasan Cot Gapu. Sampai sekarang, pabrik sirup ini masih ada di Bireuen.

Saya tidak mendapatkan angka pasti berapa juta lusin sirup itu laku selama bulan puasa dan lebaran di Aceh, yang pasti permintaan pasar jelang bulan puasa dan lebaran sangat tinggi. Harga satuan per botol sirup cap patung ini mencapai Rp. 17.000. Jika anda membeli satuan lusin, harga akan sedikit hemat dari per botol

Berbicara sirup cap patung ternyata pada era tahun 1990 pabriknya berada di Banda Aceh, tepatnya di kawasan Peunayong. Saya mendapat informasi ini dari cerita dengan teman teman di warung kopi, pemiliknya adalah warga indonesia keturunan Thionghoa. Tahun 1998 home industri ini pindah ke Medan, alasan yang mencuat karena kondisi Aceh waktu itu yang sedang konflik.

Saya juga mendengarkan karena pabrik ini tidak mendapat izin dari pemda setempat. Mungkin juga saat itu, karena sirup cap patung cukup laris dipasaran, jadinya banyak pungli dan si pemilik pabrik memilih pindah ke Sumut. Alasan lain tentu karena persaingan bisnis.

Sirup Cap Patung kini di produksi oleh PT. Kurnia Aneka Gemilang yang beralamat di Desa Limau Manis Tanjung Mirawa, Sumatera Utara. Di Medan, sirup ini dikenal dengan nama "Sirup Aceh" di luar Aceh sendiri seperti Pulau Jawa dikenal dengan Sirup Kurnia. Menurut situs syrupkurnia.com, sirup ini dimulai pada tahun 1969 di Aceh, berawal dari usaha rumah tangga produksi ini berkembang hingga sekarang ini. Pendiri utamanya Almarhum Ellyas Hudaya.

Soal harga sirup cap patung ini berbeda di Aceh dengan di luar Aceh. Harga di Aceh sedikit lebih murah. Ini mungkin dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan kepada Aceh sebagai cikal bakal nsejarahnya.

Uniknya di Aceh, partai politik dan para politisi sering membagikan secara gratis sirup cap patung liberty ini kepada timses dan pemilihnya. Orang kantoran di Aceh, jelang puasa juga sering mendapat jatah sirup cap patung dari tempatnya bekerja. Ohya, Jika anda punya informasi tentang sejarah pabrik sirup cap patung ini, boleh saling berbagi disini []

5 comments:

  1. Wah salah massss industri ini pindah dari Banda aceh bukan tahun 1998 dan bukan karena pungli atau persaingan bisnis tapi memang perusahaan move ke sumatera untuk memperlebar pasar penjualan dan pabrik yang lebih lebar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mbak Ryu atas informasinya. asumsi soal itu berdasakan beberapa informasi yang saya dapatkan dari mulut ke mulut. ya soal benar atau tidak, seperti Mbak sebutkan bisa juga benarnya. Terimakasih :)

      Delete
  2. Sirop Cap Patong Ureng Samahani tionghoa keturunan yang Punya.,.masih ada keluarga, saudara di Samahani.

    ReplyDelete
  3. Sirop Cap Patong Ureng Samahani tionghoa keturunan yang Punya.,.masih ada keluarga, saudara di Samahani.

    ReplyDelete
  4. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete