KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (69) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

02 April 2016

Kata dan Istilah Kamus Gaul Yang Perlu Diketahui

aribowo.net

Komunikasi era media sosial sekarang ini, di mana kian ramai pengguna telepon pintar meningkat membuat para pemakai android lazim gunakan bahasa singkat dan atau bahasa gaul. Banyak dari kita, tidak sampai tau dengan detail istilah yang dimaksud atas bahasa gaul tersebut. Kata dan singkatan bahasa gaul itu tidak masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tetapi kata atau istilah itu kerap berwara wiri saat orang berkomunikasi di media sosial.

Saya kerap menemukan istilah semisal 'baper, japri, pm, fyi,IMHO, CMIIW, BTW, cekidot, dll' saat orang berinteraksi di media sosial. Beberapa diantaranya saya tau istilah dan singkatan tersebut.

Kemarin saya kebetulan berkali kali lihat istilah 'japri' di facebook; "Japri aja ya?" Karena tidak berani tanya ke orang  apa itu JAPRI, saya akhirnya langsung ke laman pencari gugel. Berikut ini beberapa kata dan istilah itu saya tulis sebagai bagian mengingat, dan untuk pelengkap bagi yang butuh.

Yang menarik adalah istilah JAPRI, saya baru temukan istilah ini beberapa saat sekarang. Japri, istilah yang kerap di pakai oleh akun penjual barang online di media sosial. JAPRI itu jalur pribadi. Istilah itu dimaksudkan bagi orang yang akan melakukan komunikasi privasi agar tidak diketahui oleh orang lain. Beberapa nitizen gunakan istilah PM. Bukan polisi militer, tapi private messanger; pesan yang bersifat pribadi antara dua orang.

CMIIW adalah correct me if i wrong; koreksi kalau saya salah. IMHO adalah Im My Humble Opinion; menurut pendapat saya. Pernah dengan kata FYI? Ini mungkin cukup sering ya bagi kamu yang menerima informasi sesuatu yang cukup penting. FYI adalah for your information. Lalu ada singkatan OOT yang diartikan sebagai out of topic.

Lalu istilah yang kerap kali juga terlintas adalah kepo, stalking, baper. Ini yang paling sering saya temukan saat melihat orang berbalas komen di media sosial, lagi lagi saya tak beranikan diri untuk bertanya. Takut dikira ketinggalan zaman dan tidak updet. Hahaha.

Kepo yang berarti ingin tau sekali urusan orang lain. Stalking adalah melihat lihat yang terdahulu. Biasanya ini dimaksudkan pada orang melihat lihat isi media sosial akun mantan pacarnya.

Lalu apa itu BAPER? Saya baru tau istilah anak gaul ini, baper berarti Bawa Perasaan; dimaksudkan saat kamu terlalu bawa perasaan pada seseorang atau satu hal tertentu. Padahal yang bersangkutan tidak ada maksud sama sekali sama kamu.

Lalu ada GWS? Istilah dari singkatan get wiil son yang berarti semoga cepat sembuh. Ini mungkin juga sudah sangat sering digunakan, tetapi saya jarang sekali gunakan istilah ini. sering digunakan saat ada teman kerabat yang lagi sakit.

Ada lagi istilah LOL, singkatan dari Laugh Out Loud yang diartikan sebagai tertawa terbahak bahak atas sesuatu yang benar benar sangat lucu, bisa disamakan juga dengan ngakak guling guling.

Ada lagi istilah gaes, berasal dari kata guy yang berarti teman dekat-setia. Di akun akun twitter yang bukan nama manusia paling biasa ada istilah mimin atau min. itu dimaksudkan sebagai admin atau pengelola dari akun tersebut.

Watados adalah wajah tanpa dosa. Hoax adalah bohong, sedangkan woles adalah santai. bingit adalah banget, keles adalah kali. Iya, keles. Ada juga istilah semangat diganti dengan ceumungudth.

Dari semua itu, bahasa gaul yang tidak masuk dalam KBBI. Para penjaga bahasa indonesia akan sulit mendeteksi soal bahasa gaul itu karena ya tentu saja tidak diajarkan di sekolah sekolah resmi, itu hanya bahasa lisan dan ucapan untuk memudahkan orang dalam berkomunikasi.

Di play store sendiri, sudah ada aplikasi tentang kamus gaul ini disediakan. Anda tinggal unduh untuk mengetahui lebih banyak tentang hal ini. Hanya untuk sekedar tau saja mungkin.

Tetapi menurut saya, selama kata itu digunakan sesama teman sebaya tentu tak jadi soal, masalahnya adalah saat bahasa itu kamu gunakan dalam berkomunikasi dengan orang yang lebih tua, guru/dosen dan sebagainya. Tentu saja akan tidak menarik dan dianggap kurang sopan.

Ada tambahan bahasa dan kata anak gaul di media sosial? Mungkin kalian bisa komen di bawah tulisan ini. Cedikot. []

8 comments: