KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (70) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

04 February 2018

Mitigasi Bencana dan Kearifan Lokal





SEJAK ditetapkan aturan undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana,Indonesia telah mengubah paradigma dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Dalam UU itu disebutkan definisi mitigasi sebagai serangkaian upaya mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. 

Indonesia secara umum dan Aceh khususnya merupakan kawasan potensi bencana alam, diantaranya: gempabumi, tsunami, banjir, longsor, letusan gunung api.  Jika dulu bencana hanya disibukkan pada masa tanggap darurat, sekarang tahapan penanggulangan bencana setidaknya terbagi dalam tigal hal: prabencana, saat bencana, dan pascabencana. 

Berbicara bencana tidak bisa lepas dari pengetahuan dan penerapan kearifan lokal. Sejak gempabumi dan tsunami Aceh 2004, yang merenggut ratusan ribu jiwa dan korban harta benda, telah mengajarkan masyarakat pentingnya memahami upaya mitigas bencana alam dari berbagai sudut pandang pengetahuan.

Dalam UU No. 24 Tahun 2007 itu dijelaskan tentang mitigasi bencanasebagai upaya pengurangan risiko bencana dapat dilakukan dengan dua hal secara garis besar: bersifat struktural dan non-struktural. Mitigasi struktural bisa dikategorikan pada upaya pencegahan dengan pembangunan fisik serta pendekatan teknologi. Upaya mitigasi non-struktural merupakan serangkaian upaya mengurangi dampak kejadian bencana, diantaranya, kebijakan aturan, edukasi pengurangan risiko bencana, dan sebaran pengetahuan masyarakat terkait upaya pengurangan risiko bencana alam. 

Jika kita merujuk pada upaya mitigasi non-struktural, salah satu yang lazim diketahui oleh masyarakat yang rentan terhadap bencana adalah pengetahuan kearifan lokal masyarakat. Aceh memiliki banyak kearifan lokal (lokal wisdom)yang masih belum diketahui oleh masyarakat secara luas.

Berkaca pada gempadan tsunami 2004 lalu, kita bisa belajar pada masyarakat Pulau Simeuleu melalui kearifan lokal dalam bentuk dendang syair nandong yang mereka miliki.Syair tersebut mengajarkan mereka selamat dari smong (tsunami).Upaya ini dinilai sangat efektif tentang pengurangan risiko bencana melalui pendekatan budaya masyarakat setempat. 

Menurut Yogaswara dan Yulianto (2011) dari LIPI yang meneliti tentang smong, masyarakat Pulau Simeulu senantiasa mengingatkan anak cucunya akan bahaya yang mengancam saat terjadi goncangan bumi.Berkat pengetahuan yang diajarkan turun temurun itu, terbukti pada gempabumi dan tsunami 2004 silam, Simeuleu tidak banyak korban jiwa. Yogaswara dan Yulianto menyebutkan di Simeulu hanya menelan korban kurang dari 10 orang, padahal jika dibandingkan dengan Banda Aceh dan daerah lainnya, Pulau Simulue berjarak sangat dengan dekat pusat gempa. 

Jatuhnya ratusan korban jiwa saat gempabumi dan tsunami Aceh 2004 tidak terlepas dari tidak adanya pengetahuan masyarakat tentang tanda-tanda bencana besar selepas gempa. Hal ini tentu saja berbeda dengan kondisi masyarakat di Simeulu yang ‘mengenal’ tsunami dengan sebutan smong.

Smong yang disebut-sebut dalam syari nandong mengandung pesan mengenai bencana tsunami yang pernah berlangsung pada tahun 1907 di kawasan itu. Disampaikan bahwa jika terjadi gempabumi diikuti surutnya air dibibir pantai,kita harus mencari tempat yang lebih tinggi. 

Pengetahuan bencana dalam bentuk kearifan lokal masyarakat tentu saja sangat penting dan harus diajarkan kepada masyarakat Aceh dalam berbagai bentuk pendidikan dari keluarga dan kurikulum sekolah atau pesantren.  Pengetahuan bencana dalam bentuk kearifan lokal masyarakat setempat sangat penting dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban jiwa dan menjadi masyarakat yang tangguh serta sadar akan bencana. Sudah seharusnya, kita mesti belajar pada kejadian tsunami 2004 dengan terus memberikan pengetahuan kearifan lokal yang sinergis dan berkesinambungan secara terus menerus.

Bentuk penyebaran pengetahuan kearifan lokal bisa saja dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui syair-syair sesuai bahasa daerah setempat seperti yang dilakukan oleh masyarakat Pulau Simeulu. Sudah seharusnya, kita yang hidup di kawasan rawan bencana alam di Indonesia mesti sigap, tanggap, dan sadar akan potensi terjadi bencana kapan saja[]

SUMBER: Majalah TUHO, Majalah triwulan terbitan LSM Jaringan Komunitas Masyarakat Aceh (JKMA) Aceh, Edisi Januari 2018

2 comments:

  1. terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2xrM4q6

    ReplyDelete