KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (68) CATATAN HARIAN (47) BERITA MEDIA (45) GoBlog (11) PUISI (11) CERPEN (8)

06 August 2014

Lima Tokoh Aceh Dengan Follower Terbanyak

Bagi kamu pegiat sosial media, pasti tidak asing dengan twitter sebagai akun microblogging untuk saling berbagi info berbasis teks 140 karakter itu. Twitter sejak didirikan ole Evan William, Jack Dorsey dan Biz Stone pada tahun 2006 telah digunakan oleh ribuan juta orang diseluruh dunia.

Indonesia termasuk salah pengguna twitter terbanyak juga di dunia. Orang-orang saling berbagi informasi dan saling mengikuti satu sama lain. Twitter tumbuh dengan pesat di Indonesia. Nama penyanyi Agnez Monica sampai saat ini jadi akun twitter yang paling banyak diikuti untuk tokoh Indonesia. Akun @agnezmo telah memiliki pengikut mencapai 10.948.000 lebih.

Aceh sebagai provinsi dengan jumlah penduduk 5 juta lebih banyak pengguna twitter. Saya tidak mendapatkan angka pasti berapa jumlah orang Aceh yang menggunakan twitter. Tetapi berikut ini saya akan ungkapkan sebuah rahasia penting yang selama ini belum terkuak ke publik. Siapakah orang Aceh dengan jumlah follower terbanyak? Saya akan urutkan untuk 5 tokoh Aceh dengan jumlah follower (pengikut) terbanyak versi Survey Kitab Maop.

Kami juga memberitahukan bahwa survey ini tidak dibiayai oleh pihak manapun, termasuk pihak asing sendiri. Survey ini bersifat terbuka dan sangat independen. Data yang kami rilis ini adalah untuk sampai dengan tanggal 6 Agustus 2014.

Nama-nama berikut ini hadir dari berbagai profesi yang saya anggap layak dan pantas disebut sebagai tokoh publik Aceh karena sering tampil dimedia cetak dan media online. Kriteria nominasi yang dinilai antara lain; akun dikelola oleh yang bersangkutan sendiri, bukan sebagai akun palsu, tokoh tersebut berdomisili di Aceh. Setidaknya nama itu tidaklah jadi asing selama ini di sosial media. Lalu siapakah tokoh Aceh dengan jumlah follower terbanyak? Jreng...Jreng!
  •  Teuku Irwan Djohan
Nama Teuku Irwan Djohan tidak asing sejak tahun 2011 di Banda Aceh. Irwan Djohan maju sebagai Calon Walikota Banda Aceh pada tahun 2012 melalui calon perseorangan. Sejak itu namanya kerap dibicarakan publik. Irwan Djohan mendapat perhatian yang lebih dari warga Banda Aceh khususnya kalangan anak muda. Saat ini Irwan Djohan menjadi Ketua Partai Nasional Demokrat untuk Kota Banda Aceh, dia juga terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Partai NasDem Dapil Aceh Besar, Sabang dan Banda Aceh. Akun @IrwanDjohan saat ini memiliki follower sebanyak 3.560. Ia aktif mencuit sejak Maret 2011.
  •  J. Kamal Farza  
Pemilik akun @jkfarza adalah seorang pengacara di Banda Aceh yang mendirikan Farza Law Firm. Pria lulusan Fakultas Hukum Unsyiah ini terduga juga sebagai penulis puisi dan cerpen. Beberapa karyanya kerap tampil dihalaman budaya koran cetak di Aceh. Ia aktif terlibat dalam gerakan masyarakat sipil di Aceh, pasca tsunami ia juga pernah menjadia Direktur Hubungan Masyarakat di BRR. Kamal Farza pernah menjadi wartawan TEMPO sejak tahun 1999-2002, setelah itu ia aktif sebagai redaktur situs berita acehkita.com. Tahun 2010 ia pernah mendaftarkan diri jadi calon ketua KPK RI. Saat ini akun twitter @jkfarza diikuti oleh 3229 follower, aktif ditwitter sejak Maret 2010.
  • Budi Azhari
Nama Budi Azhari, seorang dosen tetap Jurusan Matematika Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry ini mengklaim dirinya sebagai Rekor Van Dekmi University. Namanya tidak begitu asing bagi kalangan mahasiswa di kawasan Darussalam, lulusan FKIP Unsyiah pernah jadi Ketua BEM FKIP Unsyiah. Pria berkacamata ini ikut sebagai salah satu pendiri  Kaukus Pemuda Aceh Peduli Parlemen, sebuah ajang diskusi tentang politik santai ala warung kopi. Saat ini akun @budi_azhari mendapat jumlah follower mencapai 2947 Follower bergabung di twitter sejak Juli 2010.
  • Afla Nadya
Ini satu satunya tokoh Aceh yang paling muda diantara ke 4 ini.  Pemilik akun @aflanadya ini bergabung di twitter sejak September 2010 hingga saat ini diikuti oleh 2793 follower. Ia terpilih sebagai Duta Wisata Aceh Barat pada tahun 2012 dan Putroe Bungong Aceh 2013. Tahun 2012 ia juga mendapat Juara II sebagai Duta Wisata Aceh.  Gadis cantik kelahiran Meulaboh  5 April 1994 saat tercatat sebagai Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FKIP Unsyiah. Bagi pria kesepian, tidak usah berharap banyak, info intelejen pyongyang yang masuk saat ini Nana sudah tidak lagi menjomblo. 
  • Taufik Al Mubarak
Taufik Al Mubarak, pemilik akun @almubarak ini aktif di twitter pada Juni 2008. Ia seorang jurnalis dan juga penulis. Buku Aceh Pungo yang paling fenomenal adalah karya satu satunya saat ini. Pernah terlibat dalam gerakan mahasiswa penuntut referendum pada era tahun 2000. Taufik pernah ditangkap oleh polisi sewaktu aksi demo di Simpang Lima, ia mendekam di penjara Polres Banda Aceh pada Mei 2002 selama 16 hari. Ia mengalami penyiksaan yang cukup berat karena melakukan demo melawan pemerintah Jakarta. Selama 3 tahun Taufik menjadi Redaktur Pelaksana Harian Aceh, sebuah media cetak terbitan Banda Aceh. Saat ini ia sebagai blogger di alamat www.jumpueng.blogspot.com. Akun twitternya diikuti oleh 2767 follower bersaing ketat dengan Afla Nadya. Menariknya akun Taufik juga diikuti oleh Capres @Prabowo08 Subianto dan diikuti oleh Bapak Boediono, Wakil Presiden RI saat ini.

Demikian hasil pantauan yang saya dapatkan hasil informasi intelejen pyongyang bersama pasukan ronin, sejauh itu itulah yang ada. Mungkin jika ada nama lain, yang belum masuk. Itu diluar perkiraan kami dan mungkin belum sepantasnya disebut sebagai Tokoh Aceh. Pembaca juga bisa memberi komentar ditulisan ini jika memang kurang tepat. Mudah-Mudahan ngak ada yang salah ya, kalau salah info kita update lagi nanti Hahaha []

BACA JUGA: Ini Dia Orang Aceh Yang Di Follow Prabowo

2 comments:

  1. ngeri that intelejen pyongyang, izin share adun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ini tulisan iseng yang sudah sangat lama bro. hehe

      Delete