KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (69) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

27 April 2016

Gemasatrin Gelar Ajang Kreativitas Sastra

Lobby Gedung FKIP Unsyiah yang digunakan sebagai salah satu lokasi acara AKAS Gemasastrin FKIP Unsyiah 2016 | @kitabmaop


BANDA ACEH – Dalam rangka mendukung pembinaan mental dan karakter generasi muda, Gelanggang Mahasiswa Sastra Indonesia (Gemasastrin) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah menyelenggarakan Ajang Kreativitas Aneuk Sastra (AKAS). Acara itu berlangsung sejak Senin-Kamis, 25-28 April 2016 di Gedung FKIP Universitas Syiah Kuala.

Ketua Panitia Pelaksana, Ramonalisa menjelaskan rangkaian AKAS dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan pada peringatan bulan sastra yang jatuh pada 28 April, hal itu bertepatan dengan tanggal meninggalnya tokoh sastrawan Indonesia, Khairil Anwar.

“Ini tahun pertama diadakan oleh Gemasastrin. Dengan adanya AKAS ini kami berharap dapat meningkatkan kreatifivas mahasiswa dalam berkarya,” ujar mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Unsyiah ini.

Mona menambahkan, ada beberapa kegiatan besar sebagai bagian dari AKAS, diantaranya; Expo, bazar buku, pameran karya keluarga besar Gemasastrin, lomba baca cerpen dan puisi, lomba bercerita tingkat SD, dialog sastra bersama Riki Syah R, Rahmatsyah dan Nanda Muliana yang baru saja menerbitkan novel. Lalu ada pemutaran film biografi Sastrawan Indonesia, WS Rendra, H.B Jassin, Pramoedya Ananta Toer.

Pembina Gemasastrin, Herman RN rangkaian acara dilakukan dengan penuh persiapan oleh panitia. Ia menyebutkan acara seperti tidak hanya dilakukan sekali saja. “Saya sangat mengapreasisasi dengan kegiatan ini, langkah awal sesuatu yang luarbiasa. Harapan kita, bukan hanya di Bulan Sastra saja, acara-acara kegiatan kreativitas lain akan dilakukan juga oleh Gemasastrin dan himpunan mahasiswa lainnya. Kerja-kerja bisa terbangun secara solid oleh pengurus,” ujar Herman RN yang juga dosen tetap di kampus tersebut.

Ia mengajak bagi peminat dan mencintai dunia sastra, ajang ini merupakan kesempatan bagus untuk berkunjung ke acara tersebut di Gedung FKIP Universitas Syiah Kuala, yang akan ditutup pada hari Kamis, 28 April 2016.

Herman menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung, kegiatan itu terlaksana berkat dukungan Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Dekan FKIP, Dinas Pendidikan Aceh, Sekolah Menulis Do Karim dan semua pihak yang telah membantu acara itu. AKAS itu dibuka dengan resmi oleh Dekan FKIP Unsyiah, Dr. Djufri, M. Si [MS] sumber: teropongaceh.com

No comments:

Post a Comment