KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (68) CATATAN HARIAN (47) BERITA MEDIA (45) GoBlog (11) PUISI (11) CERPEN (8)

24 November 2015

Tutorial Mudah Menambal Timba Sumur

Pernah mengalami sumur timba yang rusak karena pecah akibat terus terusab berbenturan dengan cincin sumur atau benda lainnya? Hingga membuat bagian tertentu jadi pecah. Jika anda mengalaminya berikut ini adalah cara menjahit timba sumur yang pecah. Cara ini diajarkan secara turun temurun sejak lama dan tidak pernah sekalipun diajarkan di sekolah.

Saya memandang cara ini cukup kreatif dan mesti dilestarikan untuk menghemat, timba dapat terselamatkan sementara waktu membeli yang baru. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, diantaranya; Pisau, Lilin, Korek Api, Benang nilon, kawat/jarum. Lakukan langkah berikut ini:

1. Persiapkan benang nilon dan kawat untuk menjahit. Ambil lilin, kemudian bakar lilin itu dengan korek api. Siapkan pisau untuk kebutuhan pemotongan benang.


2. Selanjutnya bakar ujung kawat pada lilin yang telah disediakan. Sampai ujung kawat tampak ke merah-merahan.  Hati hati jangan sampai tangan Anda terbakar. Gunakan tang untuk memegang jika diperlukan.

3. Lalu arahkan ujung kawat panas tersebut untuk membuat lubang pada pinggir timba yang pecah. Jika ujung kawat telah dingin, bakar kembali ujungnya pada lilin. Lakukan sampai berulang kali, hingga semua pinggir timba pecah dilubangi. 


4. Ambil benang yang telah disiapkan. Masukkan ujung benang pada tempat yang sudah dilubangkan. Lakukan itu secara menyilang atau lurus. Tarik benang dengan rapat agar jahitan makin kuat.

Timba telah siap digunakan kembali. Tak perlu membeli yang baru untuk sementara waktu. Demikian tutorial cara menjahit timba yang pecah. Kasih tau pada tetangga jika tutorial ini bermanfaat.[]

No comments:

Post a Comment