KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (70) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

08 June 2009

SEBUAH SURAT CINTA BUAT WAKIL RAKYAT


Sumber; CangPanah Harian Aceh, Senin 8 Juni 2009


Anggota DPR yang tidur waktu sidang | foto: istimewa
Kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh yang terhormat. Mari, sekali ini aku ingin menulis surat untukmu Tuan dan Puan para wakil rakyat yang terhormat. Hanya untukmu. Surat cinta, Tuan! Mungkin ini suratku sekali dalam seumur hidup. Seperti aku menulis surat kepada seorang kekasih pujaan hati belahan jiwa. Maka seperti itulah kecintaanku kepada Tuan-Puan Wakil Rakyat yang terhormat. Ah, kata-kata yang terakhir itu sepertinya tidak perlu kusebutkan lagi. Benarkah engkau masih terhormat? Mengingat bulan depan engkau akan melakukan kunjungan kerja ke Luar Negeri. Begitu kabar berita yang ku baca di koran harian ini. Tak pantas sepertinya menyebut kunjungan kerja, lebih baiknya kusebut saja jalan-jalan menghabiskan anggaran yang notabenenya berasal dari uang rakyat.

Para wakil rakyat yang terhormat, sebelum lebih jauh sungguh kutulis surat untukmu dengan harap-cemas. Mengingat karena aku sebagai mahasiswa yang tak tau diuntung akan kau sebut nantinya. Bersebab beberapa bulan dan tahun yang telah berlalu engkau telah menjebloskan proposal-proposal kegiatan kemahasiswaan kami melalui anggaran yang engkau sahkan demi terlaksananya kegiatan. Waktu itu aku tidak pernah berpikir engkau akan membungkam mulut kami dengan bantuan uang supaya tidak bersuara suatu saat kelak jika engkau menghabiskan uang rakyat untuk jalan-jalan keluar negeri. Alasan kalian memang bukan untuk jalan-jalan. Kunjungan kerja dan studi banding –istilahnya-, untuk memajukan tanah endatu kita, Aceh!

Dari tajuk suratku di atas, Tuan-Puan sudah tau tentunya maksud kutulis surat cinta ini. Bahwa ditengah kehidupan rakyat kita yang masih repot mencari sebambu beras sehari untuk keluarganya, ada banyak rakyat kita yang masih berkudis berkurap, ada banyak rakyat kita yang masih tidur di bawah atap rumah pelepah rumbia yang bocor, ada banyak sekali rakyat kita yang mengerang menahan sakit kanker, tumor, anak-anak yang menderita gizi buruk dan sebagainya yang tak bisa berobat kerumah sakit karena persoalan klasik (kemiskinan), ada banyak rakyat kita yang anak-anaknya tidak bersekolah karena harus membantu mengantarkan orang tua mereka untuk mengemis dari door to door ke seluruh penjuru kampung. Belum habis dengan itu, ditengah kondisi kampung kita yang baru saja usai dari perang dan amuk air laut. Tetapi engkau masih saja ngotot untuk keluar negeri mengakhiri masa tugas di penghujung akhir September nantinya. Mengingat ada banyak dari Tuan yang tak lagi bisa duduk di kursi empuk itu. Memang seperti yang telah di bicarakan oleh Ketua DPRA Bapak Sayed Fuad Zakaria, bahwa wacana kunjungan ke luar negeri sudah jauh-jauh hari diagendakan. Bahkan pada masa awal engkau menjadi wakil rakyat tahun 2004 lalu. Tapi mengapa baru sekarang diumumkan kepada publik? Setelah pemilu legislatif kemarin. Aku yakin sekali, jika saja wacana ini diberitakan sebelum pemilu legislatif kemarin, tentu akan sangat berpengaruh bagi perolehan suara kalian yang maju lagi menjadi caleg. Pintar-pintar sekali memang kalian ini membohongi rakyat. Untung saja beberapa diantara kalian tidak lagi dipilih pada pemilu kemarin.

Untukmu yang duduk sambil diskusi dengan baju safari, Tuan dan Puan wakil rakyat. Aku tentu sangat kecewa sekali dengan sikap kalian ini. Maunya mementingkan kepentingan pribadi semata. Berlebih lagi kekecewaanku ini pada seorang Khairul Amal yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera, yang sejatinya sebagai sebuah partai yang selama ini getol menolak kegiatan-kegiatan menghamburkan uang rakyat justru ikut mendukung kunjungan ke Luar Negeri. Ah, menyesal benar aku memilih engkau lima tahun yang lalu ketika saat itu aku masih di kampung Bireuen. Benar saja bahwa tidak ada lagi Wakil Rakyat yang bisa kami percaya. Kalian semua egois. Mentang-mentang rakyat tidak lagi memilih kalian pada pemilu bulan lalu, seenaknya saja kalian menghabiskan uang rakyat yang sejatinya bisa di gunakan untuk membantu membuat rumah, biaya kesehatan untuk kehidupan sebagai rakyat di Nanggroe yang anggarannya meulimpah ruah.

Jika saja uang yang di anggarkan untuk kunjungan keluar negeri Rp. 3,4 Miliar, tentu bukan sebuah angka nominal yang sedikit bagi kalian yang pernah atau tidak melihat uang. Jika saja uang itu digunakan untuk membangun rumah kaum dhuafa dengan taksiran harga per rumah sebesar 40 juta katakanlah, maka jumlah rumah yang bisa di bangun mencapai 85 buah rumah type 36. Sebuah hal yang sangat positif bukan? Berapa banyak rakyat yang akan terbantu dengan alokasi uang itu. Seandainya saja uang 3,4 miliar itu kita belikan kopi, maka seluruh rakyat Aceh bisa ikut minum tentunya. Seperti tingkah dosenku di kampus yang mampu mengolah setumpuk taik kerbau menjadi setangkai bunga mawar yang indah dan harum. Kenapa pula ini tidak bisa kalian lakukan!

Para anggota dewan perwakilan rakyat Aceh yang terhormat. Jika saja kalian menggunakan hati nurani dan perasaan. Berapa banyak rakyat Aceh akan mencerca sikap Pak dewan jika saja Mendagri mengizinkan untuk kalian melancong keluar negeri. Cuma cercaan rakyat tidak semuanya pernah terexpose ke media. Tapi percayalah, disetiap sudut jambo jaga sudah begitu banyak kata-kata cemoohan yang aku dengar dari mulut mereka di kampung-kampung terhadap sikap para Tuan-Puan yang menghabiskan uang dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh(APBA).

Ketika masa kerja tuan-tuan akan berakhir pada September 2009. Apa yang bisa kalian lakukan ketika pulang dari luar negeri. Pulang dari luar negeri masa kerja telah berakhir, tak ada lagi yang bisa Tuan lakukan. Jadi kunjungan kerja ke luar negeri hanyalah pelesiran untuk menghambur-hamburkan uang rakyat sebelum masa kerja berakhir. Mengingat cukup banyak diantara bapak-bapak wakil rakyat yang terhormat tidak lagi terpilih menduduki jabatan wakil rakyat pada masa periode 2009-2014.

Untukmu yang biasa bersafari disana, di gedung DPRA. Para wakil rakyat yang kucintai. Terakhir kali sebagai rakyat jelata, aku tentu begitu berharap, sudah sepantasnya rencana kunjungan ke luar negeri dibatalkan saja. Ini sikap perangai yang sangat buruk sekali. Buatlah kegiatan di akhir masa jabatan yang happy ending. Mirip seperti orang (maaf) bersenggama. Sama-sama enak. Yang suatu saat kelak nantinya akan di kenang oleh rakyat sebagai sebuah kenangan yang enak dan menyenangkan.

Kepada bapak Mendagri Mardiyanto aku mendesak untuk tidak memberikan izin kepada Anggota DPRA melakukan kunjungan atawa studi banding atau jalan-jalan ke luar negeri. Sungguh dari pengamatan kami tidak bermanfaat sama sekali Pak! Tetapi akan sangat berguna dana 3,4 Miliar itu di pergunakan untuk kepentingan publik semisal melanjutkan pembangunan rumah korban konflik, korban tsunami, serta kaum dhuafa di Aceh atau sebaiknya dana itu di alokasikan saja untuk tujuan yang langsung menyentuh kepada kepentingan rakyat banyak. Atau begini saja, kita gunakan saja uang itu untuk ngopi bareng di Ulee Kareng, kita undang seluruh rakyat Aceh kesana. Ngopi bareng bersama anggota DPRA. Oya, jika kalian tidak setuju ya sudah. Pergi saja ke luar negeri, tapi dengan syarat, pulang dari sana kalian bawa pulang si jago Jose Mourinho pelatih Inter Milan sebuah klub sepak bola di Italia, untuk menangani Persiraja Banda Aceh. Bagaimana, Tuan?

Jika kita mengkaji dari selama ini yang mereka peroleh sebagai wakil rakyat sudah lebih dari cukup. Apa yang kurang seperti yang selama ini mereka dapatkan. Mulai dari gaji, tunjangan, mobil dinas, uang sewa rumah, uang kopi, uang terima kasih dan uang tetek bengek lainnya. Mereka yang mengaku para wakil rakyat, sudah sepantasnya merasakan apa yang selama ini kerap dirasakan oleh rakyat. Biar bisa di sebut, wakil rakyat seharusnya merakyat seperti kata Iwan Fals.

Tuan dan Puan para wakil rakyat yang berbahagia, akhirnya ingin aku sampaikan pada kalian semua permintaan maafku jika telah lancang menulis surat ini. Tidak ada maksud mencaci atawa maki. Percayalah bahwa Tuhan Tidak Tidur. Akan di catat oleh Malaikat semua perbuatan baik dan buruk kita di dunia ini. Dan suatu masa nantinya aku dan engkau para wakil rakyat akan bisa juga ke luar negeri yang sebenar-benarnya. Negeri akhirat maksudku. Kalau itu sungguh, tidak ada yang bisa melarang kalian kesana. Permohon maafku. Muhadzdzier M. Salda, rakyat jelata di Nanggroe Aneh Darussalam. Eh, Nanggroe Aceh Darussalam. Akhir kata, wassalam![]

No comments:

Post a Comment