KITABMAOP

Untuk Mengingat Dan Melawan Kesepian

Post Top Ad

#hastek

ESSAI (69) BERITA MEDIA (47) CATATAN HARIAN (47) GoBlog (12) PUISI (11) CERPEN (8)

10 August 2017

Pertama Kali ke Aceh, Alasan Youtuber Ini Bikin Merinding

“Sebelum trip ke Aceh, saya sama sekali buta tentang Aceh. Yang saya tahu tentang Aceh hanyalah hukuman cambuk dan GAM (dari berita TV)" Ricky  Santoso, youtuber asal Bandung



Sangat banyak sekali orang keliling Indonesia dengan berbagai cari, dari jalan kaki, naik sepeda, naik motor, sendiriaan, berpasangan, dan dengan berbagai keunikan lainnya. Tapi sedikit dari mereka yang menyebarkan pengamalamannya selama berada di suatu tempat melalui video youtube.

Ada banyak orang yang awalnya takut berkunjung ke Aceh. Provinsi yang jaraknya lebih dekat ke Malaysia dibandingkan terbang ke Jakarta. Hanya  40 menit ke Malaysia jika menggunakan pesawat. Aceh dikenal sebagai daerah 4G: GAM, Ganja, Giok, Gempa. Selain itu, orang mengenal Aceh dengan provinsi satu satunya di Indonesia yang menerapkan hukum syariat islam sejak tahun 2001. 

Aceh dikenal orang luar sebagai daerah  yang menyeramkan. Apalagi Aceh sebagai provinsi yang dulunya terjadi konflik senjata puluhan tahun.  Aceh satu-satunya daerah yang tidak bisa ditaklukkan oleh Belanda karena kegigihan dan semangat pejuang Aceh dulu.

Bakda riuh gemuruh gelombang laut di akhir tahun 2004 lalu diikuti dengan berhentinya amuk peluru di pertengahan tahun 2005 membuat Aceh terbuka bagi publik luar.  Apa yang paling ditakutkan saat Anda menginjakkan kakinya ke Aceh?

Adalah Ricky Santoso, seorang youtuber asal Bandung yang berkunjung ke Aceh Juli 2017. Selama dua Minggu ia merasakan suasana Aceh yang aman dan nyaman untuk dikunjungi. Saya tau Ric snt – begitu nama akun yutub nya- dari Riazul Rio Iqbal melalui instagram. Rio seorang guru honor di Pidie, seorang blogger dan peresensi film yang bergabung di komunitas perawi hardisk dan banyak mempromosikan tempat tempat wisata di Pidie.

Dari Rio saya kemudian mengikuti akun instagram @RICNST. Dan melihat tentang kegiatan Ricky selama di Pidie hingga berlanjut ke Sabang. Yang menarik, Ricky selama di Pidie menginap di rumah Rio. Dua pemuda ini awalnya tidak kenal sama sekali, Ricky bahkan sangat kagum atas kebaikan Rio. 

Ricky akan melakukan traveling keliling Indonesia dimulai dari Sabang sampai ke Merauke tanpa mengeluarkan uang sepersenpun. Begitu pengantar yang ia sampaikan di video yutubnya saat awal mulai memulai perjalanannya. Kini ratusan ribu orang sudah menonton vlognya di yutub. cek di sini : YOUTUBE Ric snt


"Trip keliling ini mungkin akan memakan waktu 6 sampai 12 bulan, saya tidak buru-buru, saya di Aceh akan keliling ke tempat wisata yang bagus di mana, tempat tinggal murah bagi bacpacker di mana, aku rekomendasi seperti tips, hal hal yang dibutuhkan. Kalian mungkin akan bingung sekali dengan tittle judul ini [video yutub –pen]: KELILING INDONESIA TANPA MENGELUARKAN UANG SEPESERPUN! Tenang, aku menjelaskan kepada kalian, bagaimana aku mendanai tanpa mengeluarkan uang sepersenpun”

Ricky mengaku ia mendapatkan uang dari iklan adsence di yutub setiap bulan. Dia berencana akan berbagi informasi penghasilan adsence itu kepada penontonnya. Lalu  akan membuat endorsment untuk membuat video di tempat penginapan, rumah makan, dan tempat usaha kuliner lainnya yang memberikan penginapan/makan  gratis kepadanya. Dia meminta para penonton videonya di yutub untuk membantu dan mendukung ia selama perjalanan, setidaknya membagikan videonya ke akun media sosialnya.

layar tangkap instastory IG @ricsnt, 4 Agustus 2017
Bagi penyuka traveler youtuber muda ini tidak asing di laman telepon lunak mereka. Selain rekaman videonya bagus dan beda, Ricky kerap merekam hal hal unik yang selama ini belum banyak diketahui publik. Dia bukan yutuber asal rekam sorot lensa kamera, tapi ia sangat memilih dan memilah mana sudut rekaman yang bagus dan layak dihadirkan ke hadapan pemirsa youtube. Videonya selama di Aceh sangat membuat saya harus menonton sampai selesai. Selama perjalannya di Aceh, saya menemukan ada 15 video cerita tentang wisata dan pengalamannya selama di Aceh yang diunggah ke yutub.

Ia merekam setiap aktivitasnya, terus sudut penempatan video juga sangat profesional sekali. Benar benar seorang vlogger yang sangat berpengalaman dalam merekam setiap adegan. Ia kadang kadang menempatkan kamera di sudut tertentu, untuk mendapakan gambar aktivitasnya saat memakai sepatu misalnya, di mana ia tidak bisa memgang kamera.
 
4 Agustus 2017 lalu, saya sempat menangkap laman instastori @RICNST. Saya mengirimkan pesan kepadanya untuk mempublis testimoninya.  Di situ ia menulis:

“Sebelum trip ke Aceh, saya sama sekali buta tentang Aceh. Yang saya tahu tentang Aceh hanyalah hukuman cambuk & gam (dari berita TV). Saya sempat takut & ragu bisa bertahan di aceh di awal trip saya. Tapi semua ke kuatiran saya hilang ketika saya menginjakkan kaki saya di Aceh,”
 
Ia menulis pada laman selanjutnya: 

"Ternyata Aceh tidak seperti yang media2 katakan, Orang Aceh sangat terbuka & sudah terbiasa hidup dalam perbedaan “multi ethnis” dari dulu kala. Oleh karena itu kenapa saya betah & buat banyak video di Aceh. Karena saya ingin share kepada kalian kalau Aceh itu sangat luar biasa keren"

Ricky merasa sangat betah dan nyaman selama berada di Aceh...,

“Jujur saya merasa lebih tenang & aman di Aceh daripada Jakarta. Saya bisa jalan2 di banda aceh jam 12 malam tanpa meras takut di begal. Kalau di Jakarta mungkin saya pikir 2x”


Ricky mengakhiri testimoni itu dengan menulis FAKTA tentang Aceh:

"Saking amannya & rendahnya tindak kriminalitas di Aceh. Banyak hewan peliharaan seperti sapi, kambing & ayam yang di lepas “tanpa di kandangi” di jalanan & jangan kaget melihat motor di parkir dengan kunci masih gelantungan di jalanan Aceh. Di Aceh jarang ada premanisme. Ps: Saya merasa sangat ketika di Aceh"


Menurutnya, orang Aceh sangat ramah, baik dan terbuka bagi siapa saja. Tentang pengalaman lainnya selama ia di Aceh, akan menarik kalau kalian langsung menonton akun yutubnya dan simak bagaimana ia merasa bahagia selama berkunjung ke Aceh.

Terimakasih Ricky Santoso, kamu hadir ke Aceh dan membikin video tentang wisata Aceh, ini sangat positif dan membantu sebarkan informasi kepada orang luar bahwa Aceh layak dikunjungi sebagai daerah wisata. Sebagai Aceh, ucapak ribuan terimakasih atas kebaikan kamu membikin video itu, Aceh berhutang budi padamu. 


Dalam hadih madja yang agak nakal di Aceh disebutkan, "Ureung Aceh menjo hana teupeh, aneuk kr*h jeut ta raba. Tapi menjo ka teupeh, bu leubeh han geupeutaba" artinya lebih kurang begini: Orang Aceh kalau tidak tersinggung, biji zak*arnya bisa diraba. tapi kalau sudah tersinggung, nasi lebih (sisa) sekalipun tidak mau ditawarkan makan." Begitulah, dalam Aceh juga berlaku bagaimana memuliakan tamu: Peumulia Jamee, Adat Geutanyo (kita).  Semoga sukses atas Keliling Indonesia Gratisnya, Ricky. []

2 comments:

  1. Kebanyakan orang bahkan dari luar negeri juga takut datang karena penerapan syariat islam di Aceh. Setelah datang dan merasakan sendiri suasana di Aceh malah pengen balik lagi dan lagi. Apapun, bangga jadi orang Aceh. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar sekali, makanya orang banyak termakan isu yang kurang baik soal Aceh dari media, ketika sampai ke Aceh, mereka sangat enjoy...hehe

      Delete